Dansubsatgas Amankan Rute VVIP KTT IAF & HLF- MSP TIBA DI BALI


Denpasar - Setelah melaksanakan TFG dan Apel Gelar Pasukan Pengamanan kegiatan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Afrika Forum (IAF) ke-2 tahun 2024, para personel pengamanan telah memasuki kedudukannya untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.


Seperti halnya para personel Sub Satgas Pengamanan Rute yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) yang telah insert di sektornya masing-masing, untuk melaksanakan pengamanan rute yang dilalui para Kepala Negara ataupun pejabat setingkat Kepala Negara.


"Hari ini sudah mulai kedatangan para VVIP peserta kegiatan HLF-MSP dan IAF ke-2. Kami melaksanakan pengamanan pada Ring II dan III di seluruh rute yang dilalui oleh VVIP, baik rute utama maupun rute cadangan," jelas Dansubsatgas Rute, Kolonel Inf Andi Andriyanto Wibowo, S.Sos., M.I.Pol., Sabtu (31/8/2024).


Selain itu, pihaknya juga menempatkan Sea Rider dari Satuan Bekangdam IX/Udayana yang menggunakan Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) di bawah jalan Tol Bali Mandara untuk melaksanakan patroli pengamanan pada rute tersebut.


"Ratusan personel yang kami terjunkan terbagi menjadi dua sektor. Sektor pertama dipimpin oleh Danyonif 900/SBW Letkol Inf Yudhison Rianta Taringan, sementara sektor kedua dikomandoi oleh Danyonzipur 18/YKR Letkol Czi Ibnu Ria Indrawan," pungkas Kolonel Inf Andi Andriyanto Wibowo yang kesehariannya juga menjabat sebagai Danbrigif 21/Komodo.


Lebih lanjut disampaikan bahwa seluruh personel yang terlibat telah dilatih dan disiapkan dengan baik dan profesional untuk menghadapi berbagai kemungkinan potensi ancaman dan hambatan. Pihaknya berharap, seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan aman, dan keamanan Indonesia semakin diakui di kancah internasional. 


Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., selaku Kepala Unsur Pendukung Penerangan Satgas Pamwil menyampaikan bahwa pengamanan rute bertujuan untuk mengamankan rute-rute yang dilalui oleh para delegasi forum HLF-MSP dan IAF ke-2 selama kegiatan tersebut berlangsung.


"Untuk itu saya menghimbau dan mengajak kepada segenap masyarakat maupun stakeholder lainnya untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka menyukseskan even internasional ini, karena hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ujarnya. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama