Jelang Pilkada 2024, Polres Nabire gelar pemeriksaan Psikologi Senpi, Profil Klinis, dan Konseling oleh Tim Psikologi Polda Papua.


Nabire - Pada hari Senin, 09 September 2024, Polres Nabire menggelar kegiatan pemeriksaan psikologi senjata api organik, profil klinis psikologi (PKP), serta konseling. Acara yang berlangsung di Aula Wicaksana Laghawa Polres Nabire ini dipimpin oleh Tim Psikologi dari Biro SDM Polda Papua dan dimulai pada pukul 12.30 WIT.


Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Wakapolres Nabire, KOMPOL Sofian Corneles A. Samakori, Kasubbag Dalpers Bag SDM Polres Nabire AKP Michael Luther Ayomi serta Tim Psikologi Biro SDM Polda Papua yang dipimpin oleh Kompol Dorthea M. Ansanai, S.Pd. Tim tersebut juga diperkuat oleh Bripda Jodi Junanda Jati, Bripda Maydwika Nastawidrasworo, S.Psi dan Bripda Riscki Gibrael Maitimu. Para Kabag, Kasat, Kasi, serta Bintara Polres Nabire turut hadir dalam mendukung kegiatan ini.


Acara dimulai dengan kedatangan Tim Psikologi pada pukul 12.30 WIT, diikuti dengan pembukaan oleh Wakapolres Nabire KOMPOL Sofian Corneles A. Samakori. Setelah itu KOMPOL Dorthea M. Ansanai, S.Pd memberikan arahan mengenai pentingnya pemeriksaan psikologi bagi personel Kepolisian, khususnya dalam kaitannya dengan penggunaan senjata api organik.


Tes psikologi yang dilaksanakan meliputi pengisian biodata, tes 16 PF, Kraeplin (tes hitungan koran), dan DAM (tes menggambar manusia). Sebanyak 50 personel Polres Nabire mengikuti gelombang pertama pemeriksaan ini. Tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengukur kesiapan mental dan psikologis personel dalam menghadapi tugas berat di lapangan, sekaligus memberikan konseling yang dapat membantu mereka menjaga keseimbangan mental.


Kegiatan ini selesai pada pukul 14.20 WIT dalam suasana aman dan terkendali. Tim Psikologi Polda Papua meninggalkan Mako Polres Nabire pada pukul 15.00 WIT, mengakhiri rangkaian kegiatan dengan lancar.


Melalui pemeriksaan ini, diharapkan para personel Polres Nabire dapat lebih siap dan memiliki mental yang kuat serta stabil dalam menjalankan tugas sehari-hari, terutama dalam penggunaan senjata api dan menghadapi tantangan di lapangan.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama