Wartelsus, Warung Telekomunikasi Khusus Lapas Kerobokan Booming!


Kerobokan, INFO_PAS –Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan kembali menarik perhatian dengan inovasi komunikasinya yang kini semakin populer. Warung Telekomunikasi Khusus (Wartelsus), fasilitas yang diluncurkan sebagai bagian dari program peningkatan layanan, kini menjadi primadona di kalangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kerobokan dan keluarga mereka. Sejak dioperasikan, Wartelsus mengalami lonjakan pengguna yang signifikan. 


Layanan yang beroperasi setiap hari kerja dari pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA, dan 13.00 WITA hingga 15.00 WITA ini kerap dipenuhi antrian WBP yang ingin berkomunikasi dengan kerabat di luar.


Kalapas Kelas IIA Kerobokan, RM. Kristyo Nugroho menuturkan, bahwa layanan telepon dan video call ini bertujuan agar warga binaan tetap dapat berkomunikasi dengan keluarganya yang tidak bisa berkunjung, baik karena keterbatasan jarak maupun alasan lainnya. “Diharapkan dengan adanya layanan kunjungan online mereka tetap dapat berkormunikasi dengan keluarga untuk melepas kerinduan, tanpa harus melanggar aturan”, ujarnya.


Setiap warga binaan yang akan menggunakan fasilitas telepon maupun video call tetap dalam pengawasan petugas. Hal ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini, agar tidak terjadi penyalahgunaan terhadap sarana komunikasi yang diberikan, lanjut Kalapas.


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Pramella Y. Pasaribu menyampaikan apresiasinya terhadap Wartelsus Lapas Kerobokan yang telah berhasil membuktikan bahwa inovasi yang tepat dapat menciptakan solusi yang menguntungkan semua pihak, di mana kebutuhan komunikasi WBP terpenuhi sambil tetap menjaga keamanan dan ketertiban Lapas. Inisiatif ini menjadi contoh bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan secara positif dalam sistem Pemasyarakatan.

(Media Lapas/Tim Humas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama